[Tutorial] Reinstall Ubuntu GRUB EFI Bootloader Dengan Filesystem Btrfs

Selamat siang semuanya..

Akhirnya sempat menulis kembali setelah sekian lama vakum. Pada kesempatan siang ini, ane ingin berbagi sedikit mengenai pengalaman ane dalam melakukan reinstalasi bootloader Ubuntu yang terhapus, dikarekan pada setup dual-boot ane baru dilakukan install ulang Windows. Sebenarnya, bagi beberapa pengguna, hal ini sangatlah umum terjadi, terutama yang menjalankan sistem dual-boot pada PC/laptop.


Nah, pada kasus ane sendiri, ane menggunakan disk dengan format partisi GPT, dikarenakan ane ingin melakukan ujicoba instalasi Hackintosh di laptop ane. Untuk instalasi Ubuntu, ane menggunakan format filesystem Btrfs yang katanya bagus untuk SSD (ane menggunakan SSD di laptop ane). Sebenarnya semua berjalan normal saja, sampai ketika ane harus melakukan reinstalasi Windows. Ketika reinstall Windows, ane melakukan penghapusan semua partisi yang berhubungan dengan Windows, termasuk partisi EFI, yang dimana partisi ini berisi bootloader dari OS yang berada dalam PC/laptop yang menggunakan format partisi GPT. Karena partisi EFI dihapus, otomatis Windows akan mengisinya dengan bootloadernya.
Kebanyakan tutorial yang beredar di internet hanya berlaku untuk partisi Ubuntu dengan filesystem ext4, yang merupakan filesystem Linux paling stabil dan umum digunakan pada hampir semua perangkat dengan OS berbasis Linux. Untuk partisi Ubuntu dengan filesystem Btrfs, tutorial yang beredar ini tidak dapat langsung digunakan begitu saja. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian agar dapat digunakan dengan baik.

Perhatian : penulis berasumsi bahwa pembaca sekalian menguasai dasar-dasar dari Linux shell, Terminal, dan mengerti cara membuka dan melakukan eksekusi perintah pada Terminal. Jika belum memahaminya, silakan mencari referensi terkait penggunaan Terminal.

Alat dan bahan yang diperlukan :
  1. Bootable flashdisk yang berisi Ubuntu LiveISO. Tutorial pembuatan dapat dibaca pada postingan ini.
  2. PC/laptop berisi instalasi Ubuntu yang menggunakan format filesystem Btrfs dan tipe partisi GPT,  yang ingin diperbaiki bootloadernya (target operasi)
  3. Rokok, kopi, gorengan :)
Langkah-langkah :
  1. Pada target operasi, tancapkan USB flashdisk yang berisi Ubuntu LiveISO, kemudian atur BIOS agar boot ke flashdisk yang dimaksud.
  2. Setelah masuk ke Ubuntu live session, kemudian buka program Terminal.
  3. Pada terminal, ketikkan sudo fdisk -l | grep "Linux filesystem" | awk '{print $1}' , terminal akan mengeluarkan hasil yang berupa partisi tujuan yang berisi instalasi Ubuntu. Jika terdapat lebih dari satu baris, pilih partisi yang merupakan lokasi instalasi Ubuntu, misalnya /dev/sda5
  4. Masih di terminal, ketikkan sudo fdisk -l | grep "EFI" | awk '{print $1}' untuk mengetahui partisi yang berisi EFI bootloader, misalnya /dev/sda2
  5. Partisi sistem dan partisi EFI sudah diketahui. Sekarang saatnya mounting partisi sistem, lakukan dengan perintah sudo mount -t btrfs -o subvol=@ /dev/sda5 /mnt , dimana /dev/sda5 adalah partisi sistem Ubuntu yang bertipe Btrfs.
  6. Setelah melaukan mounting partisi sistem, sekarang lakukan mounting partisi bootloader EFI dengan perintah sudo mount /dev/sda2 /mnt/boot/efi , dimana /dev/sda2 adalah partisi bootloader EFI.
  7. Lakukan juga proses mount untuk partisi /sys /proc /run /dev dengan perintah berikut for i in /sys /proc /run /dev; do sudo mount --bind "$i" "/mnt$i"; done
  8. Lakukan instalasi GRUB bootloader dengan perintah sudo chroot /mnt /bin/bash -c "sudo grub-install /dev/sda" , dimana /dev/sda (tanpa nomor) adalah disk yang berisi partisi sistem dan partisi EFI yang ingin di-reinstall bootloadernya.
  9. Lakukan update konfigurasi GRUB dengan perintah sudo chroot /mnt /bin/bash -c "sudo update-grub"
  10. Jika tidak ada pesan error, maka instalasi bootloader sukses. Silakan restart target operasi dan boot ke sistem seperti biasa.
Yak, sekian langkah memperbaiki bootloader Ubuntu yang diinstal dengan filesystem Btrfs. Jika ada pertanyaan, saran dan kritik, silakan tinggalkan komentar dibawah. Terima kasih.

No comments

Powered by Blogger.