Tutorial Unlock Bootloader Sony & Sony Ericsson XPERIA series

Unlock bootloader adalah suatu proses untuk membuka proteksi bootloader device, baik itu ponsel ataupun tablet. Manfaat dari unlock bootloader adalah kita dapat menginstall Custom ROM yang memerlukan Custom Kernel. Custom kernel sendiri hanya dapat di-install jika bootloader device sudah di-unlock karena jika belum maka akan terjadi error dalam proses instalasi Custom Kernel.
Pokok bahasan kali ini adalah cara unlock bootloader untuk HP Sony & Sony Ericsson XPERIA series, dimana seri yang dimaksud adalah seri keluaran 2011 keatas. Untuk daftar HP apa saja yang bisa di-unlock dengan cara ini silakan lihat di http://unlockbootloader.sonymobile.com/. Untuk referensi lebih jelas mengenai HP Sony & Sony Ericsson XPERIA series atau mengenai Custom ROM/Custom Kernel, silakan buka http://forum.xda-developers.com/

Perhatian !
Beberapa dampak dari unlock bootloader
  1. Proses ini akan MENGHILANGKAN garansi HP Anda ! Pikir terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses ini !
  2. Beberapa konten resmi Sony tidak dapat diakses karena proses ini menghilangkan DRM keys pada device, sehingga konten seperti TrackID tidak dapat berfungsi dengan baik.
  3. Device Anda tidak akan mendapat update software resmi dari Sony.
  4. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi pada device yang Anda miliki ! Semua resiko yang berkaitan berada di tangan Anda. Meskipun sudah banyak yang berhasil, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi error. Jika Anda tidak yakin dengan apa yang akan Anda kerjakan, jangan lanjutkan untuk unlock bootloader !

Hardware/software yang dibutuhkan :
  1. Pastinya HP yang akan di-unlock bootloader 
  2. Komputer atau laptop untuk unlock bootloader.
  3. Flashtool, silakan download di http://androxyde.github.io/
  4. Fastboot Unlock Bootloader, silakan didownload di http://files.indowebster.com/fastboot_unlock_bootloader.html . Password : ubxperia

Panduan unlock bootloader : 
  1. Backuplah terlebih dahulu data Anda, karena bisa saja data Anda akan terhapus atau SD card Anda akan terformat dalam proses ini.
  2. Pastikan baterai device Anda masih diatas 60%.
  3. Cek apakah device Anda bisa di-unlock bootloader. Buka dialer dan masukkan kode *#*#7378423#*#*, setelah muncul menu, buka Service info > Configuration > Rooting Status. Jika tertulis disitu Bootloader unlock allowed : yes, silakan lanjutkan proses ini, tetapi jika tertulis Bootloader unlock allowed : no, jangan lanjutkan proses ini !
  4. Install Flashtool terlebih dahulu. Setelah selesai install buka lokasi Flashtool terinstall dan masuk ke lokasi driver Flashtool,  biasanya di C:\Flashtool\drivers.
  5. Install Flashtool-drivers.exe, jika memakai Windows 8, silakan lihat petunjuk di sini.
  6. Minta kode unlock bootloader di http://unlockbootloader.sonymobile.com/instructions, klik Continue di bagian bawah, Anda akan diredirect ke halaman selanjutnya.
  7. Di Halaman selanjutnya, Anda akan ditanya apakah Anda benar-benar yakin akan melanjutkan proses ini, klik Yes, I'm Sure.
  8. Setelah itu Anda akan ditanya mengenai Syarat dan Ketentuan dari Sony. Centang semua pilihan yang ada kemudian klik I Accept.
  9. Masukkan nama Anda, IMEI HP Anda (buka dialer dan masukkan *#06# untuk mengetahui IMEI HP Anda), dan email Anda seperti gambar berikut ini. Pastikan untuk memasukkan 14 digit IMEI dengan benar (buang 1 digit terakhir dari IMEI Anda).
  10. Buka email Anda, salin kode unlock bootloader seperti gambar dibawah ini.
  11. Matikan device Anda.
  12. Tekan tombol Fastboot pada HP Anda sambil menyambungkan kabel USB dari device ke komputer/laptop, setelah tersambung, pastikan lampu warna biru di device menyala tanpa putus. Jika belum menyala, putuskan dan sambungkan kembali device Anda. Tombol Fastboot bisa dilihat di http://unlockbootloader.sonymobile.com/fastboot-buttons
  13. Extract Fastboot Unlock Bootloader, buka folder ekstraksi dan jalankan Fastboot Unlock.bat
  14. Di menu utama, Anda akan ditanya apakah Anda akan melanjutkan, jika iya, masukkan angka 1 dan tekan ENTER.
  15. Software akan mengecek keberadaan device Anda, jika disitu muncul tulisan < waiting for device > berarti device Anda belum terhubung, tutup software unlock bootloader dan sambungkan kembali device Anda. Jika muncul angka seperti 0.3 atau 0,5 berarti device Anda sudah terhubung dengan baik.
  16. Anda akan ditanya kembali apakah Anda benar-benar akan melanjutkan. Jika iya, masukkan angka 1 dan tekan ENTER.
  17. Masukkan kode unlock bootloader yang disalin dari email tadi lalu tekan ENTER.
  18. Anda sedang meng-unlock bootloader device Anda. Jangan matikan komputer/laptop ! Tunggu hingga proses selesai dengan baik, biasanya kurang dari 1 menit.
  19. Hidupkan device Anda. Biasanya memerlukan waktu yang lumayan lama karena system sedang di-refresh.
  20. Untuk mengecek status bootloader, buka dialer dan masukkan kode *#*#7378423#*#* masuk ke Service info > Configuration > Rooting Status. Jika tertulis Bootloader Unlocked : yes, Selamat ! Anda telah berhasil melakukan unlock bootloader pada device Anda.

Cara ini sudah saya praktekkan pada HP Sony Ericsson Xperia Neo MT15i dan Sony Xperia P LT22i, dan keduanya berhasil di-unlock dengan baik.

8 comments:

  1. Oke gan! Tips ini sangat sangat luar biasa....
    Testi dari ane... Device : Xperia Arc Lt15i... Sukses dari ajal yang menunggu.... (y)

    ReplyDelete
  2. Hahaha, syukurlah kalo sukses, ntar kalo sempat mau dikembangin lagi command linenya, biar mudah masuk ke fastboot mode..

    ReplyDelete
  3. Link Fastboot Unlock Bootloader nya eror gan ada link lain?

    ReplyDelete
  4. xperia lt15i nya d update android apa gan Uray.?

    ReplyDelete
  5. Punya saya tidak bisa update os d atasnya ICS wes gan, mohon tutornya agar bisa d update jelly bean or yang lebih tinggi.?

    ReplyDelete
  6. Zainal Abidin : coba main ke forum.xda-developers.con gan, disana banyak ROM yang ajibb..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.