[Tutorial] Cara Membuat Larutan Gondorukem

Selamat malam sobat setia yang senantiasa membaca atau hanya sekedar mampir..
Malam ini ane akan berbagi sedikit tips atau tutorial, yaitu tentang dara membuat larutan gondorukem. Mungkin banyak yang bertanya, apa sih gondorukem itu? Belum tau gan? Okedeh ane bantu dikit.

Menurut Wikipedia, Gondorukem (resina colophonium) adalah olahan dari getah hasil sadapan pada batang tusam (Pinus). Gondorukem merupakan hasil pembersihan terhadap residu proses destilasi (penyulingan) uap terhadap getah tusam. Hasil destilasinya sendiri menjadi terpentin. Di Indonesia gondorukem dan terpentin diambil dari batang tusam Sumatera (Pinus merkusii). Di luar negeri sumbernya adalah P. palustris, P. pinaster, P. ponderosa, dan P. roxburghii.[1]
Selain dikenal dengan nama gondorukem, benda ini juga dikenal dengan nama getah damar, siongka, dll
Apa sih kegunaan dari gondorukem?
Banyak sekali kegunaan dari gondorukem atau getah damar ini, antara lain sebagai bahan pelunak plester serta campuran perban gigi, sebagai campuran perona mata (eyeshadow) dan penguat bulu mata, sebagai bahan perekat warna pada industri percetakan (tinta) dan cat (lak).[2]

Selain untuk kegunaan diatas, benda ini juga sangat bermanfaat di dunia elektronika. Mungkin agan tau PCB kan? Nah, biasanya, di lapisan yang ada jalur sirkuitnya, pasti ada satu lapisan pelindung yang berwarna warni. Umumnya sih, yang ada di pasaran lokal Indonesia adalah sirkuit dengan lapis warna hijau , nah lapisan ini dinamakan solder mask. Lapisan solder mask ini menawarkan perlindungan yang baik terhadap jalur sirkuit agar tidak korosi. Yang jadi masalahnya, dalam pembuatan PCB skala kecil, rasanya sayang deh untuk membuat solder mask seperti ini, karena ribet harus buat cetakan sablonnya, dsb. Nah, bagi para penghobi elektro, ada solusi lain untuk membuat soldermask sederhana, yaitu menggunakan gondorukem.

Karena gondorukem berbentuk padatan, maka kita harus membuat larutannya dulu. Alat dan bahan yang harus disiapkan adalah  :
  1. Gondorukem. Benda ini bisa berbentuk tepung atau pecahan besar. Usahakan dihaluskan terlebih dahulu, atau setidaknya dipotong menjadi bentuk yang kecil.  
  2. Thinner ND. Ane pake thinner ND karena thinner ini termasuk yang mudah didapat dan relatif universal untuk semua pekerjaan.
  3. Botol kaca. Ukuran kecil aja sekitar 100ml. Ane pake botol bekas yu*si*wan*tau*sen.. :D
  4. Corong, untuk membantu menuang thinner ke botol. Ane gasempat nyari corong, jadi langsung aja
  5. Kertas bekas, untuk membantu memasukkan serpihan gondorukem.
  6. Sendok plastik, untuk mencedok kepingan gondorukem.
Bahan yang diperlukan
Oke baik, setelah alat dan bahan dipenuhi, sekarang kita akan memproses bahan tersebut hingga menjadi larutan.
Langkah-langkah pengerjaan adalah sebagai berikut :
  1. Tuangkan thinner kedalam botol, tidak penuh, cukup sekitar 70% isi botol. Perhatikan ganbar dibawah, tuang kira-kira sebanyak posisi tanda panah merah tersebut.
     
    Isi botol dengan thinner.
  2.  Masukkan bubuk atau kepingan kecil gondorukem kedalam botol yang sudah berisi thinner. Masukkan sedikit demi sedikit menggunakan bantuan kertas yang dibentuk menjadi corong dan sendok plastik.
    Isi dengan gondorukem
  3.  Kocok botol yang sudah berisi gondorukem. Lakukan dengan hati-hati hingga kepingan gondorukem larut. Tambahkan terus sedikit demi sedikit hingga botolnya menjadi hampir penuh, kemudian kocok kembali.
  4.  Larutan siap digunakan untuk melapis PCB homemade agan agan sekalian.
    Hasil akhir larutan
Mudah kan? Larutan ini tinggal diaplikasikan ke PCB yang sudah disolder. Gunakan kuas kecil dan sapukan hingga merata. Kemudian tunggu hingga PCB kering sempurna.

Sekian tutorial malam ini. Silakan komentar dan share ke media sosial agan sekalian. Terima kasih sudah mampir dan membaca.

Referensi :
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Gondorukem
[2] http://nura54h1dlinda.blogspot.co.id/2014/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

No comments

Powered by Blogger.