[Review] Logitech Bluetooth Audio Receiver

Selamat malam sobat blogger semuanya.. Yak kali ini ane mau sedikit menulis review tentang barang baru yang baru juga ane cobain. Barangnya sih kecil, mungil, unik, dan tentunya mantab. Penasaran? Wah langsung aja deh kalo gitu ya, let's cekidottt...

Jadi, barang baru yang ane review kali ini adalah sebuah Bluetooth audio receiver dengan merek Logitech, yang ane beli beberapa hari yang lalu. Tujuan ane beli barang ini adalah untuk melengkapi amplifier LM3886 yang baru ane rakit. Sebenarnya pake kabel udah bagus banget, tapi rasanya kok jadi ndak fleksibel gitu, karena kabel yang digunakan tidak panjang. Sebenarnya ada rencana untuk beli kabel yang lebih panjang dan bagus, tapi setelah dipikir pikir, sepertinya lebih baik beli Bluetooth receiver sekalian, supaya gak repot dengan kabel dsb. Nah, setelah browsing mengenai merek receiver yang bagus, akhirnya pilihan ane jatuh ke Logitech Bluetooth receiver ini. Nah, sekarang, mari kita kupas lebih lanjut.

Spesifikasi
Fitur dan spesifikasi dari Logitech Bluetooth Audio Receiver menurut situs resminya adalah sebagai berikut :
  • Bluetooth Multititik
  • Sebuah tombol pairing
  • Ruang pandang 15-meter yang andal
Sepertinya masih belum jelas ya, akhirnya ane browsing lebih lanjut dan menemukan beberapa spesifikasi tambahan, yaitu : 
  • Bluetooth v3.0
  • Output RCA dan AUX
Cukup disayangkan bahwa versi Bluetooth yang digunakan masih versi 3.0, dimana pada receiver lain dengan kelas harga serupa, sudah menggunakan Bluetooth v4.0 bahkan sampai Bluetooth v4.2. Selain itu, ane belum mendapatkan spesifikasi audio codec yang pasti dari receiver ini, tetapi menurut sebuah sumber, receiver ini menggunakan codec buatan pabrikan Logitech sendiri, yang dijanjikan memiliki kualitas suara yang superior menurut Logitech.

Isi kotak
Unboxing
Ane beli receiver ini dari sebuah marketplace terkenal, dan kebetulan dapat harga sekitar 350 ribu rupiah dengan ongkir, sebuah harga yang lumayan, tidak terlalu mahal ataupun murah. Isi paket yang ditawarkan juga lumayan lengkap. Terdapat kartu garansi, petunjuk pemakaian, satu buah adapter 5volt, satu buah kabel RCA to 3.5mm, dan tentunya receiver itu sendiri. Pada kotaknya sendiri, terdapat gambaran instalasi singkat yang menurut ane lebih dari cukup daripada harus membuka manual di kotak.

Overview
Instalasi
Nah, instalasi perangkat ini terbilang sangat mudah, karena semuanya sudah tersedia di kotaknya. Tapi, jika ada yang bingung, ane akan bagi petunjuk instalasi seperti berikut : 

  1. Keluarkan perangkat dari kotaknya. Ya ialah, kalo dalam kotak doang yaaa masukin museum sekalian hehe..
  2. Siapkan perangkat amplifier. Ane pake ampli rakitan LM3886 rakitan tangan yang sangat jozz. Jika ada sobat yang mau pake ampli lain silakan, kalo bisa pake tube amp (y).
  3. Jangan dulu menghidupkan perangkat. Hubungkan receiver dengan perangkat amplifier dengan kabel RCA to AUX yang disediakan. Jika ampli sobat hanya ada port RCA, maka gunakan ujung RCA pada ampli dan ujung AUX pada receiver, dan sebaliknya. 
  4. Nyalakan amplifier, atur volume sedang.
  5. Tancapkan adapter pada receiver. Karena receiver ini tidak ada tombol power, langsung saja colokkan ke listrik.
  6. Akan terdengar suara di amplifier. Silakan tekan tombol pairing pada receiver, dan lakukan pairing dengan perangkat audio transmitter, seperti ponsel, laptop, dsb.
  7. Silakan coba putar lagu dari perangkat, jika terdengar suara keluaran dari amplifier, berarti instalasi sobat sudah benar. Silakan lanjutkan dengan lagu lainnya...
Kualitas
Nah, setelah ane menggunakan perangkat ini beberapa lama, barulah terlihat kualitasnya. Dari kualitas perakitan, perangkat ini termasuk tahan banting. Kebiasaan ane yang suka membiarkan ampli dan receiver hidup berjam-jam, ternyata tidak berpengaruh terhadap performa. Dan dengan hanya sebuah tombol pair-disconnect, perangkat ini terlihat elegan dan sederhana, membuat perangkat ini menjadi berkelas.
Jangkauan Bluetooth yang sangat luas, mencapai 15 meter bebas hambatan, membuat penggunaan receiver ini semakin mudah. Yang ane demen, setiap kali ane masuk kamar dengan Bluetooth ponsel aktif, receiver ini akan otomatis tersambung, dan akan memutarkan lagu secara otomatis. Keren kan?
Untuk kualitas suara sendiri, ane merasakan suara yang sangat bagus. Walaupun perangkat ini tidak memiliki sertifikasi aptX, kualitas suara yang disajikan sangatlah mantap. Ane mencoba dengan file FLAC, hampir tidak ada perbedaan dari detail suara saat tersambung dengan kabel maupun perangkat Bluetooth receiver ini.

Kesimpulan
Perangkat receiver Bluetooth keluaran Logitech ini membantu dalam kemudahan dan kepraktisan memutar audio dari perangkat media player, tanpa harus dipusingkan dengan urusan kabel yang ribet. Bagi anda yang suka berpindah tempat dan sering memutar lagu dari ponsel, perangkat ini cocok untuk Anda.

No comments

Powered by Blogger.