[Experience] Green Amplifier Camp 2017 - Part 2

Selamat malam sobat blogger sekalian!
Oke dah, jadi ane masih ngelanjutin cerita ane kemaren yang ini. Sorry kalo kelamaan baru nulis cerita barunya, maklum aja baru sempat nulis dan masih berpacu dalam tugas wkwkwk..


Jadi, ane baru bisa tidur jam 12an. Ga nyenyak juga sih, soalnya panas, tapi it's okelah sudah biasa. Jam 5an ane udah kebangun, tapi maksain tidur bentar sampe jam 6, biar agak segeran dikit. Yaudah pas jam 6 ane bangun, mandi. Karena lainnya banyak yang masih ngorok, jadi WC agak aman deh, tapi supaya lebih aman, ane pake WC lantai 3 Canopy, jadi lebih berasa private gitu ahahaha..
Abis mandi, nyantai dulu dikamar. Awalnya dikirain sarapannya udah  ready dari pagi, eh rupanya belum. Ya terpaksa nyantai dulu diatas. Kira-kira udah agak dekat jam 7 baru jadi sarapannya. Nunggu itu menyenangkan kalo ada yang disenangi yo turun aja langsung makan. Tadinya mau foto bareng teman dulu pagi-pagi, soalnya pas hari itu pada kompakan pake baru kaos dari Green Amplifier Camp. Karena udah kompakan, jadi mau foto, eh gataunya udah disuruh makan dan gaada waktu, terpaksa deh gak foto bareng.........eh adaa deng! Ternyata ada, setelah ane bongkar drive, ada kok foto bareng sebelum berangkat..
Foto bareng dulu biar gak cun..
Jadi, abis sarapan, rombongan langsung menuju lokasi fieldtrip yang pertama, yaitu landfill Batu Layang. Tau landfill gak? Gak tau? Ah elah. Ni landfill menurut Wikipedia. Perjalanan kesana pake 4 mobil buat mengangkut rombongan. Lupa juga mobilnya apa apa aja, tapi yang ane tau, ane pake mobil Xenia dengan beberapa anggota camp. 
Ngeblur? Sengaja :D

Setelah sampai disana, kami langsung mendapat materi singkat mengenai sejarah landfill terbesar di Pontianak ini. Penjelasan disampaikan oleh bapak pengelola landfill Batu Layang, yang sayangnya ane lupa namanya hmm.. Ane jadi banyak belajar mengenai teknologi apa yang ada di landfill ini, apa yang sudah diaplikasikan, bagaimana prakiraan kondisi landfill kedepannya dengan berbagai skenario, apa yang sudah dilakukan untuk mengurangi sampah, jumlah sampah masuk perharinya, berapa pemulung disana, dsb. Elo pada ga bakalan pernah bayangin kalo sampah disana udah persis gunung. Tinggal nunggu waktu aja buat penuh, kalo gaada upaya pengurangan sampah. Dari sini ane mikir, sekedar recycle atau daur ulang ya hampir mustahil, karena mendaur ulang artinya menciptakan sampah baru dari sampah yang sudah ada, walaupun masih bernilai jual yang lebih baik dibandingkan dengan menjual sampah langsung. Akan lebh baik kalo menerapkan pembangkit listrik tenaga sampah seperti di China [2], walaupun ane sadar itu juga akan menjadi ancaman serius seperti penceraman udara yang lebih parah [3]. Jadi solusinya, penggabungan antara 3R(Reduce,reuse,recycle) + penggunaan benda ramah lingkungan (biodegradable) akan menjadi solusi yang sangat efektif untuk mencegah penumpukan sampah lebih lanjut.
Ini penampakan landfill Batu Layang
Peserta sedang mendengarkan materi

Setelah selesai dengan materi, kami kemudian foto bareng di lokasi landfill bersama bapak pemateri. Kami diminta untuk tidak tersenyum di landfill ini, karena kami sadar bahwa ini adalah sampah kami juga :( 

Foto bareng di landfill
Oke, field trip pertama sudah selesai. Sekarang lanjut ke field trip yang kedua. kami langsung menuju ke Tugu Khatulistiwa. Disini, kami tidak banyak mengambil materi, hanya sekedar penjelasan singkat mengenai tugu Khatulistiwa. At least, memperkenalkan wisata lokal Pontianak, khususnya untuk Claire, Ha, dan Angel, karena mereka datang dari jauh bangetz, oh iya, bang Yogi juga, ini peserta terjauh, doi datangnya dari Garut loh hehe.. Jadi didalem tugu, ya dijelasin deh kalo kita berdiri pas di garis khatulistiwa pada saat titik kulminasi matahari, maka bayangan kita seperti hilang, hebat kan? Itulah kebesaran Tuhan (y).

Jadi karena fokusnya disini adalah city clean up, kami tidak berada lama di dalam tugu, jadi langsung foto bentar dan kemudian kita bertugas untuk memungut sampah dengan kantong plastik besar. Disini kita mungut sampahnya per kelompok, kelompok mana yang mengumpulkan sampah terbanyak akan menjadi pemenang. Yesh! Jadi semangat juga, langsung ngumpulin sampah dan wussss, akhirnya kami berhasil mengumpulkan sampah terbanyak hehehe..
Samphah ini ghan..
Abis mungut sampah, kami istirahat sebentar. Narik napas dulu baru lanjut lagi, ngomong bentar, dan as always, foto lagi :)
Dab style uuuu
Ini Bang Yogi, peserta terjauhhhh dari Garut
Yowess, abis dari Tugu, kami langsung ke lokasi field trip yang ketiga, yaitu di Rumah Radakng. Jadi ini sebenarnya alternate plan juga kesana, karena beberapa plan lain tidak bisa dilakukan karena satu dan lain hal. Tapi gapapa, asik juga kok memperkenalkan budaya daerah Pontianak kepada yang belum tahu. Di Rumah Radakng, sebenarnya ga ngapa ngapain sih, hanya naik bentar, foto, dan pulang. Tapi jelas berkesan ding, karena fotonya rame :)
Ini diambil sebelum batere ngedrop :)
Ane gapunya banyak foto karena di drive juga gaada yang ngirim. Tapi gapapa, masih banyak yang lain yang bisa disampaikan.
Oke field trip selesai. Rombongan bertolak kembali ke pangkalan utama, yaitu Canopy Center. Rombongan langsung disambut dengan jamuan makan siang istimewa, yaitu makan siang ala saprahan. Ini baru asik, perfect banget buat rombongan kelaparan :))
Saprahan dulu kita :)

Muka nahan lapar wkwk
Hebatnya, ternyata yang lain pada ga abis tuh makan saprahan. Mungkin kurang sesuai perut, tapi bisa jadi juga udah kenyang, biasalah, kan banyak teman jadi males mau makan banyak, mau diet :))
Abis makan, istirahat bentar lalu langsung lanjut materi lagi. Pas siang ini ada materi dari Greg Evans, live from America by Skype :). Materinya keren, tentang leadership. Kita diajarin tentang cara membangun kemampuan memimpin sehingga dapat menjadi lebih baik, terutama dalam memimpin project dan bagian lainnya. Sayangnya, internet di Canopy memang ga bagus, jadi beberapa terjadi drop call. Dan kuping kaleng ane juga gabisa denger Englishnya Greg, jadi ya gitu deh, kurang dapat juga. Untungnya Angel berbaik hati mau bantu memperjelas, jadi bisa disimak juga. Setelah selesai, kami ada foto bareng dengan Greg, mantap daah :)
Bisa foto bareng adalah suatu kehebatan :)
Abis itu dilanjutin materi dari bang Didi mengenai perpindahan kalor personal and community branding. Ane awalnya ga nyangka, bang Didi nih, orangnya santai gitu, sekali liat honours, achievement, dsb ngerikkk. Beh udah berapa kali go international abang ini, dan hebatnya, doi juga mentor ane di project yang ditugaskan ke kelompok ane. Asli jozz banget dah. Terbaiks. 
Ini bang Didi alias Mas Ariandi Kurniawan
Dan ada challenge dari bang Didi sehabis doi presentasi, yaitu IG posting mengenai acara Green Amplifier Camp dan postingan dengan liker terbanyak akan dapat hadiah :) postingan ditunggu hingga jam makan malam, so waktunya agak panjang.
Acara selanjutnya adalah project planning dan presentasi kelompok. Disini agak misscomm karena kami kira gaperlu siapin PPT, jadi pada nulis di kertas aja. Eh pas mau nampil, wajib pake PPT, wew..
Solusinya, kelompok kami maju terakhir. Waktu yang lain presentasi, ane bertugas perhatikan yang nampil, kemudian yang lain ngerjain PPT. Sukurnya jadi, walaupun agak berantakan, maklum aje waktu singkat disuruh buat yang perfect, ya susah..
Salah satu kelompok sedang mempresentasikan hasil kerja mereka
Setelah sekian lama bersama, akhirnya sampailah kami di penghujung acara :). Disini kami menyampaikan apa saja yang sudah kami dapatkan selama 3 hari bersama. Kemudian dilanjutkan foto bareng, as usual :) di banner yang tersedia, kami foto berkelompok dengan mentor masing-masing dan foundernya juga. Mantab djiwa...

Green Generation
Voice Of Earth
Forest Ranger
So Good
Tentunya foto bareng dong ah..
Oke, finally acara formal sudah selesai... Dilanjutkan dengan farewell dinner bareng sebelum pulang. Menu dinnernya asik nih, agak western gitu, guess what?
Chicken Steak by Canopy

Wefie dulu gaes..
Yah, ternyata tiga hari bener-bener membawa perubahan berarti dalam kehidupan ane kedepannya, bagaimana cara ane berpikir sebagai bagian dari ekosistem dan lingkungan, konservasi dan pemulihan lingkungan berhasil mengubah pandangan ane menjadi lebih dari sekedar mencintai lingkungan, tetapi juga menerapkan gaya hidup sehat.

Kami sudah mencoba dan kami bisa, kapan giliranmu?


Referensi
[2] https://www.sciencealert.com/china-is-building-the-largest-waste-to-energy-plant-in-the-world
[3] https://www.chinadialogue.net/article/5024-Dirty-truth-about-China-s-incinerators

No comments

Powered by Blogger.