In Case of Emergency - Fitur Penting yang Terlupakan pada Smartphone

In Case of Emergency
Oke selamat malam sobat blogger semuanya..
Sudah lama juga ane belum update blog ini, yaah, maklum sibuk sih, dan belum mood juga ngetik. Ini juga malming, maklum jomblo ndak ade kerjaan, ya daripada pusing lebih bak ngeblog, ya kan? hehe..

Malam ini ane akan membahas fitur penting yang sebenarnya sudah ada pada beberapa smartphone, tapi sepertinya ini relatif diabaikan oleh pengguna karena merasa fitur ini tidak penting. Tapi, fitur ini bermanfaat banget, terutama dalam keadaan darurat. Fitur apakah itu?

Fitur ini bernama ICE - In Case of Emergency. Ane kepikiran untuk membahas fitur ini setelah ane mengalami sendiri kisah ini. Agustus 2016, ane ditemukan tidak sadarkan diri setelah mengalami kecelakaan tunggal di jalan raya. Fitur ICE yang disediakan oleh smartphone ini akhirnya benar-benar dapat menolong orang di lokasi kejadian untuk menelepon orang tua ane dan memberitahukan kejadian tsb. Fitur ini juga kebetulan sudah ane aktifin dari awal make hape, supaya seandainya ada sesuatu dengan ane, orang disekitar dapat dengan mudah memberitahukan pihak keluarga. Dan Puji Tuhan, ane masih diberikan kesempatan untuk hidup lebih lama dan berbagi cerita singkat ini :)

Oke, langsung saja, ane akan membahas mengenai cara menggunakan fitur ini. Karena ane pengguna smartphone robot ijo, yaa ane hanya membahas untuk Droid saja, tapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada smartphone lain.

Fitur ini sudah tersedia secara native untuk pengguna Android 4.0 keatas,cara menggunakannya silakan buka aplikasi Kontak. Dibagian atas, ada menu bertuliskan ICE - In Case of Emergency, klik menu tsb. Pada menu tsb, ada pilihan untuk menambahkan kontak baru, atau menggunakan kontak yang sudah ada. Ane memilih menggunakan kontak ortu ane sebagai kontak ICE, agar jika ada sesuatu, mereka bisa segera dikabari.
Menu kontak ICE
Jika anda memiliki alergi atau riwayat penyakit yang perlu penanganan cepat oleh paramedis, Anda dapat menyertakan informasi tersebut. Caranya adalah klik tombol titik 3 di kanan atas, kemudian centang Tampilkan Informasi Pribadi, kemudian klik lagi titik tiga tsb, dan klik Edit info medis. Disana Anda dapat memasukkan jenis alergi, pengobatan, donor, dan informasi tambahan yang mungkin diperlukan. Jika sudah, klik Simpan.
Tampilan Informasi medis
Jika sudah, silakan klik titik tiga dibagian kanan atas. Masuk ke pengaturan, pastikan pilihan ICE di layar kunci sudah diaktifkan. Gunanya adalah, jika hape Anda terkunci, fitur ini masih bisa diakses. Kemudian untuk Izinkan panggilan di ICE, itu terserah Anda saja, apakah ingin orang bisa menelepon langsung dari hape Anda, atau harus menggunakan hape lain.
Pengaturan ICE
Silakan coba kunci layar hape anda, menggunakan pola, PIN, dsb. Jika ICE sudah diaktifkan, akan ada menu yang bertuliskan Informasi ICE yang berisi data kontak ICE dan informasi medis yang Anda isi sebelumnya.
Tampilan layar kunci

ICE pada layar kunci
Cara lain yang lebih simple, dan bisa digunakan pada semua smartphone adalah dengan membuat gambar yang berisikan informasi kontak ICE, kemudian menggunakan gambar tsb sebagai latar halaman kunci. Pastikan bahwa informasi penting tidak tertutupi oleh tombol atau teks apapun.

Ya, mungkin cuman itu aja sih yang bisa ane sampaikan. Semoga kiranya informasi ini bermanfaat bagi semua sobat blogger yang memerlukan. Selamat malam dan terima kasih telah berkunjung.

No comments

Powered by Blogger.